Asep Sunandar Sunarya

 
Asep Sunandar Sunarya
Asep Sunandar (Foto: Uniknya)
Asep Sunandar
Sunarya
Lahir di Kampung Jelekong, Baleendah, Bandung, Dia meningal dunia pada tanggal 31 March 2014 at 14:20 WIB karena serangan jantung. Seorang Dalang Wayang Golek dia sangat menyatu dengan dunia wayang golek yang Ia tekuninya sehingga penghargaan demi penghargaan, baik dari tingkat lokal, provinsi, nasional, bahkan internasional pun Ia dapatkan. 

Mungkin anda mengenal si "Cepot" yang suka mengangguk-angguk, nah itulah salah satunya karya dan inofasi seni dari Sang dalang Asep Sunandar Sunarya

Orang tidak banyak tahu bahwa perjalanan dalam profesinya sebagai dalang, demikian berliku. Tidak jarang, diawal karirnya sering mendapatkan kritikan pedas dari berbagai kalangan terutama dari sang ayah (Abah Sunarya)

“Setiap kali jika saya selesai pagelaran, Abah selalu mengatakan “gorĂ©ng” (jelek) terhadap apa yang saya lakukan. Abah itu orang tua yang pelit sekali untuk tertawa, anehnya hanya ketika saya mendalang dengan lawakan, dan Abah menyaksikan, Beliau tertawa. Bagi saya sepedas apapun kritikan Beliau, saya jadikan pupuk dan cambuk sehingga memacu kreatifitas dan inovasi. Saya menjadi sekarang ini berkat adanya hari kemarin. ujar Asep.

seperti di lansir dari okezone.com Berdasarkan Broadcast Message yang beredar, Asep Sunandar dikabarkan meninggal pukul 14.20 WIB di RS Al Ihsan. Belum diketahui pasti penyebab meninggalnya salah satu dalang terbaik di Jawa Barat itu.

"Innalilahi wainailaihi rojiun telah berpulang ke Rahmatullah, maestro dalang Jawa Barat. Ki dalang ASEP SUNANDAR SUNARYA (GIRI HARJA3). Semoga amal ibadah beliau di terima di sisi TUHAN yg maha esa," bunyi Broadcast Message tersebut.

Sementara sebelumnya, Asep sempat dirawat di RS Borromeus Bandung sejak Sabtu 12 Januari lalu, karena penggumpalan di saluran darah yang mengarah pada perut dan jantung.

"Si Cepot" juga sempat dirawat selama empat hari di RS Al Ihsan Kab. Bandung pada 26 Desember 2013 lalu

0 Response to "Asep Sunandar Sunarya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel