Akibat Telat Ganti Oli Mesin Motor

Akibat telat ganti oli mesin motor
Motor membutuhkan penggantian oli untuk menjaga kondisi mesin tetap prima. Namun masalahnya, karena tidak adanya waktu luang atau malas, sebagian besar dari kita kerap melewatkan jadwal mengganti oli. Efeknya, mesin motor yang jadi korbannya.

Terkait dengan oli, cairan yang satu ini punya peran yang sangat penting. Beberapa di antaranya adalah berfungsi untuk pelumas, pelindung, pembersih dan pendingin mesin. Jadi, bisa dibayangkan akibatnya kalau cairan tersebut telat diganti.


Nah, Pada kesempatan kali ini admin mau share dari pengalaman akibat telat untuk melakukan penggantian oli, berikut masalah yang kerap timbul.

Mesin Terasa Berbeda


Ngomongin masalah kenyamanan, pernah gak sih kalian pas riding terus kerasa sedikit aja perubahan di motor langsung berasa gitu? Nah, kalau sobat bikers suka telat ganti oli, mesin akan terasa tidak terlalu nyaman dan tarikannya lebih berat.

Akselerasi pun lebih ngempos dan geteran mesin yang berlebih. Ini menjadi tanda awal oli yang ada di dalam mesin sudah harus diganti. Tetapi kalau sama pasangan gak berlaku ya, kalau gak nyaman ya didiskusikan.

Mesin Lebih Mudah Panas


Salah satu fungsi oli adalah menjaga suhu mesin, oli yang sudah lewat masa pakainya akan menurun kemampuan menjaga suhunya.

Jadi kalau sobat mulai terasa panas pahanya, nah mungkin itu efek oli yang sudah buruk. Tapi kalau hati yang panas, hmmm mungkin butuh siraman kasih sayang, bukan siraman oli.

Bensin Jadi Boros

Lah kok jadi ke bensin? Yaiya, oli yang sudah buruk akan membuat gesekan antar part dalam mesin lebih berat, dan efeknya mesin membutuhkan tenaga lebih untuk menggerakan mesinnya.

Jadi kalau mesin tarikannya sudah berat coba cek olinya, atau mungkin beban dosa yang terlalu berat *eh
Mesin Ambyar

Kalau masih dipaksakan, siap-siap piston pasti akan pecah atau kekikis. Ini akibat yang menyepelekan ganti oli.


Admin sendiri sudah menjadi korban akibat menyepelekan oli. Efek dari tidak ganti oli yang cuma 70rb, walhasil harus ngerogoh dompet sampe 1,2 juta. Semoga menjadi pelajaran bagi sobat bikers semua.

Itulah beberapa akibat jika sobat telat ganti oli ataupun tidak ganti sama sekali. Saran saya sebaiknya cepat di ganti deh kalau sudah waktunya. Dengan pengalaman yang dapat saya tulis di artikel ini, semoga bisa bermanfaat. Keep safety riding!

0 Response to "Akibat Telat Ganti Oli Mesin Motor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel