Penyebab Lampu Indikator Mesin Menyala Atau Berkedip

Penyebab lampu indikator mesin menyala atau berkedip
Bagi pemilik motor MX King ataupun lainnya, kedipan lampu indikator pasti menjadi sesuatu yang bikin pikirian tambah mumet.

Betapa tidak, lampu indikator ini menyiratkan bahwa ada kerusakan pada sistem injeksi motor. Sementara itu, kita tahu bengkel di pinggir jalan saja suka nyerah kalau berhubungan dengan masalah injeksi.

Ini karena kerusakan pada sektor injeksi mesin, hanya bisa dideteksi oleh alat scan menggunakan laptop/PC yang hanya dimiliki oleh Yamaha.


Bagi mekanik, lampu indikator berwarna kuning ini disebut dengan MIL (Malfunction Indicator Light) atau beberapa menyebutnya lampu check engine.

Lampu indikator ini berfungsi layaknya notifikasi yang akan memberitahukan bahwa ada fault atau ada yang tidak beres pada kelistrikan mesin.



Dalam kondisi normal, lampu ini akan hidup beberapa detik saat kunci kontak ON lalu akan mati dan tidak hidup lagi. Namun, kalau lampu tidak mau mati atau bahkan kedap-kedip, maka terdeteksi adanya eror pada kelistrikan mesin.

Lampu MIL Berkedip


Apabila lampu MIL ini berkedip dengan interval waktu tertentu, maka itu mengindikasikan ada kerusakan pada sensor mesin.

Biasanya, lama lampu MIL menyala tiap intervalnya memiliki waktu yang berbeda tergantung kode kerusakannya. Misal nyala lampu MIL memiliki interval 1 2 (1 kali berkedip selama 1 detik, 2 kali berkedip 0.5 detik).

Itu artinya ada kerusakan pada sensor CKP. Selain interval ini, masih banyak kode kedipan lampu MIL MX King, sobat bisa melihatnya pada tabel dibawah ini.

TABEL KERUSAKAN

Kode Kerusakan Kedipan Kedipan
Menyala 1 dt Menyala 1/2 dt
12 Crankshaft Position Sensor 1 Kali 2 Kali
13 Intake Air Pressure Sensor 1 Kali 3 Kali
14 Saluran Intake Air Pressure Sensor 1 Kali 4 Kali
16 Throttle Position Sensor Macet 1 Kali 6 Kali
21 Coolant Temperature Sensor 2 Kali 1 Kali
22 Intake Air Temperature Sensor 2 Kali 2 Kali
30 Sepeda Motor Terjatuh 3 Kali 0 Kali
33 Primary Ignition Coil 3 Kali 3 Kali
39 Sistem Kelistrikan Fuel Injector 3 Kali 9 Kali
41 Lean Angle Sensor 4 Kali 1 Kali
44 Proses Pembacaan Atau Penulisan Pada EPROM 4 Kali 4 Kali
46 Aliran Listrik Ke Sistem FI Tidak Normal 4 Kali 6 Kali
50 Kerusakan Pada Memori ECU 5 Kali 0 Kali

Apa yang harus dilakukan jika kode kerusakan sudah diketahui? Perlu sobat ketahui, kedipan diatas tidak tentu menunjukan kerusakan sensor. Karena lampu MIL akan tetap berkedip apabila salah satu kabel sensor putus.

Artinya, kedipan ini bisa menunjukan kabel sensor putus, atau terkelupas, atau ada korsleting pada sensor, atau karena sensor itu rusak.


Cara terbaik adalah dengan mendatangi bengkel resmi Yamaha untuk mengetahui apa kerusakan persisnya.

Lampu Indikator Menyala Terus


Terkadang ada kondisi dimana lampu indikator injeksi selalu menyala tanpa berkedip.

Kondisi ini bisa menunjukan masalah pada ECU selaku kontroler mesin. Apabila dalam kondisi ini mesin masih sanggup hidup bisa saja itu karena ada korsleting pada terminal ECU.

Namun, kalau kondisi ini disertai mesin brebet atau bahkan mesin mati sama sekali maka bisa saja itu karena ECU benar-benar rusak.

Biasanya kerusakan ECU terjadi karena faktor luar, seperti karena terendam atau benturan. Jadi, apabila Vixion anda memiliki riwayat terendam atau benturan bisa saja ECU motor bermasalah.


Untuk urusan ini, bengkel resmi Yamaha masih menjadi pilihan terbaik. Dengan alat yang mumpuni, maka kerusakan pada Vixion kesayangan anda akan ditemukan jalan keluarnya.

Lampu MIL Berkedip Dengan Interval Cepat


Menurut referensi yang saya dapatkan, bahwa tegangan aki yang rendah akan membuat lampu indikator injeksi berkedip.

Dalam kondisi normal, tegangan aki motor ada di angka 12 volt. Namun, saat tegangan aki turun ke nilai 10 volt, maka anda akan menemui lampu MIL yang sering kedap-kedip.

Masalah ini, juga diikuti dengan beberapa gejala lain seperti mesin yang perlu start panjang untuk dapat hidup serta kalau tegangannya sampai 6 Volt mesin tidak bisa lagi dihidupkan alias mogok.

Solusinya mudah, sobat hanya perlu mengecek tegangan aki motor menggunakan Volt meter. Apabila kurang, maka segera charge aki atau ganti air aki kalau menggunakan aki basah.

Demikian artikel penyebab lampu indikator mesin menyala atau berkedip, Semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan sobat biker semua. Keep Safety Riding!

Referensi : autoexpose.org


0 Response to "Penyebab Lampu Indikator Mesin Menyala Atau Berkedip"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel