Cara Ampuh Menghidupkan Motor Injeksi Yang Mogok
Penerapan sistem injeksi pada sepeda motor nampaknya sudah sangat masif, hampir motor yang diproduksi sekarang sudah injeksi.
Tapi ketika motor injeksi tiba-tiba mogok, bagaimana cara menghidupkannya? apa sama dengan motor-motor karburator? Itulah yang akan kita bahas secara mendalam pada artikel ini.
Ada banyak hal yang dapat menyebabkan motor injeksi mogok, dan setiap penyebab punya cara yang berbeda-beda untuk menghidupkannya.
Oleh sebab itu mari kita bahas satu persatu sesuai penyebabnya.
Penyebab paling sepele motor mogok adalah kehabisan bensin. Beberapa orang beranggapan bahwa motor injeksi tidak boleh kehabisan bensin karena akan menyebabkan mesin susah dihidupkan.
Memang benar, teknologi EFI menyertakan tekanan bahan bakar didalam sistem fuel line-nya. Sehingga ketika kehabisan bensin, terdapat udara yang masuk kedalam fselang bensin. Hal ini menyebabkan motor akan sulit hidup ketika distarter karena tekanan bahan bakar terganggu dengan adanya udara didalam sistem.
Kondisi ini cenderung tidak berbahaya karena motor Efi telah dilengkapi sistem yang dapat membuang udara atau bleeding secara otomatis.
Untuk menghidupkan motor injeksi yang kehabisan bensin, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan.
Tujuanya saat kunci kontak berada pada posisi ON fuel pump akan memompa bensin ke dalam saluran bensin. Jika kita lakukan hal ini berulang maka akan seperti proses bleeding. Sehingga udara didalam saluran bensin akan terkumpul pada ujung injektor.
Setelah itu, silahkan anda start mesin motor seperti biasa.
Untuk penyebab berikutnya juga bisa dibilang sering terjadi. Baterai atau aki adalah komponen penyimpan arus listrik pada kendaraan bermotor yang berfungsi untuk menyupai energi listrik ke sistem elektrikal motor.
Pada motor konvensional, aki hanya dipakai saat proses starter. Namun pada motor injeksi, aki tidak hanya bertugas pada sistem starter tapi aki juga berperan untuk menstabilkan arus kelistrikan motor.
Apabila aki tekor, maka tegangan akan drop. Imbasnya arus listrik ke ECU beserta fuel pump juga akan drop. Sehingga motor bisa mati total.
Solusi terbaik untuk memperbaiki masalah ini yaitu dengan melakukan penggantian baterai.
Namun apabila dalam kondisi genting, anda bisa melakukan jumper dengan aki pada motor lain.
Alat yang diperlukan hanya dua buah kabel jumper. Hubungkan secara paralel terminal (+) dengan (+), dan (-) dengan (-) pada aki.
Saat mesin telah hidup, kebutuhan arus listrik akan disuplai oleh altenator mesin.
Fuel pump atau pompa bensin hanya akan kita temui pada mesin yang berteknologi Efi. Fungsinya untuk menyuplai bahan bakar dari tanki ke saluran bensin dengan tekanan tertentu.
Pada sistem injeksi keberadaan fuel pump sangatlah vital. Karena bensin dapat keluar dari injektor apabila dalam kondisi bertekanan. Apabila fuel pump tidak beroperasi, tidak ada tekanan bahan bakar pada sistem injeksi. Hal itu menyebabkan bensin tidak keluar dari dalam injector.
Untuk mengecek fuelpump, anda cukup posisikan kunci kontak ke posisi ON. Apabila fuel pump beroperasi maka akan terdengar bunyi dengungan dari dalam tanki hingga beberapa detik.
Namun apabila bunyi itu tidak muncul maka bisa dipastikan fuel pump rusak. Kondisi ini biasanya juga diikuti dengan indikator check engine yang menyala. Untuk mengatasi hal ini anda perlu melakukan penggantian fuel pump.
Busi menjadi komponen yang bertugas dalam proses penyalaan pembakaran mesin. Busi ini juga menjadi komponen vital karena berperan langsung dalam proses pembakaran mesin.
Baik motor karbu atau injeksi, masalah motor mogok yang diakibatkan oleh busi juga sering terjadi. Gejalanya motor biasanya akan brebet ketika RPM rendah lalu mesin tiba-tiba mati dan sulit dihidupkan lagi
Penyebab utama busi mati adalah karena adanya pembakaran yang kurang sempurna, timbunan deposit didalam ruang bakar, atau karena kesalahan pemilihan busi ketika mengganti busi sebelumnya.
Hal-hal tersebut bisa menjadi penyebab mengapa umur busi menjadi sangat singkat. Solusinya, jelas penggantian busi. Tapi sebelum kita mengganti busi dengan yang baru, kita harus benar-benar mengecek kondisi lain selain busi.
Pada sistem Efi, juga menyertakan sensor yang berfungsi untuk mengecek keadaan pada area tertentu. Sensor ini akan mengirimkan data yang memuat aliran udara, dan suhu aliran udara intake.
Ketika ada kerusakan pada sensor maka akan berefek pada mesin yang hidup tidak sempurna hingga mati. Biasanya masalah ini diawali dari lampu Check engine yang menyala. Untuk mengetahui sensor mana yang mengalami kerusakan anda memerlukan scanner, atau membawanya ke bengkel resmi.
Untuk penyebab kali ini, memang diakibatkan oleh pengguna itu sendiri. Air ini dapat masuk dari lubang saringan udara.
Meski posisi saringan udara umumnya terlindungi, namun apabila anda menerjang banjir dengan volume yang tinggi atau mencuci motor sembarangan maka air dapat dengan mudah masuk kedalam mesin.
Solusinya, anda perlu mengeringkan busi dan bagian dalam mesin. Caranya lepas busi motor anda, kemudian pastikan kunci kontak berada pada posisi OFF. Sla motor anda menggunakan kick starter hingga beberapa kali, langkah ini bertujuan untuk mengeringkan bagian dalam mesin. Terakhir pasang kembali busi dan nyalakan seperti biasa.
Demikian artikel mengenai penyebab dan cara menghidupkan motor injeksi yang mogok. Semoga bisa menambah wawasan kita.
Tapi ketika motor injeksi tiba-tiba mogok, bagaimana cara menghidupkannya? apa sama dengan motor-motor karburator? Itulah yang akan kita bahas secara mendalam pada artikel ini.
Ada banyak hal yang dapat menyebabkan motor injeksi mogok, dan setiap penyebab punya cara yang berbeda-beda untuk menghidupkannya.
Daftar isi
Oleh sebab itu mari kita bahas satu persatu sesuai penyebabnya.
Motor Mogok Karena Kehabisan Bensin
Penyebab paling sepele motor mogok adalah kehabisan bensin. Beberapa orang beranggapan bahwa motor injeksi tidak boleh kehabisan bensin karena akan menyebabkan mesin susah dihidupkan.
Memang benar, teknologi EFI menyertakan tekanan bahan bakar didalam sistem fuel line-nya. Sehingga ketika kehabisan bensin, terdapat udara yang masuk kedalam fselang bensin. Hal ini menyebabkan motor akan sulit hidup ketika distarter karena tekanan bahan bakar terganggu dengan adanya udara didalam sistem.
Kondisi ini cenderung tidak berbahaya karena motor Efi telah dilengkapi sistem yang dapat membuang udara atau bleeding secara otomatis.
Untuk menghidupkan motor injeksi yang kehabisan bensin, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan.
- Langkah awal pastikan anda telah mengisi bensin ke dalam tanki motor anda.
- Lalu putar kunci kontak ke posisi ON, dan tahan sekitar 4 detik.
- Kemudian putar kembali ke posisi OFF.
- Lakukan cara ini tiga hingga lima kali.
Tujuanya saat kunci kontak berada pada posisi ON fuel pump akan memompa bensin ke dalam saluran bensin. Jika kita lakukan hal ini berulang maka akan seperti proses bleeding. Sehingga udara didalam saluran bensin akan terkumpul pada ujung injektor.
Setelah itu, silahkan anda start mesin motor seperti biasa.
Motor Mogok Karena Aki Tekor
Untuk penyebab berikutnya juga bisa dibilang sering terjadi. Baterai atau aki adalah komponen penyimpan arus listrik pada kendaraan bermotor yang berfungsi untuk menyupai energi listrik ke sistem elektrikal motor.
Pada motor konvensional, aki hanya dipakai saat proses starter. Namun pada motor injeksi, aki tidak hanya bertugas pada sistem starter tapi aki juga berperan untuk menstabilkan arus kelistrikan motor.
Apabila aki tekor, maka tegangan akan drop. Imbasnya arus listrik ke ECU beserta fuel pump juga akan drop. Sehingga motor bisa mati total.
Solusi terbaik untuk memperbaiki masalah ini yaitu dengan melakukan penggantian baterai.
Namun apabila dalam kondisi genting, anda bisa melakukan jumper dengan aki pada motor lain.
Alat yang diperlukan hanya dua buah kabel jumper. Hubungkan secara paralel terminal (+) dengan (+), dan (-) dengan (-) pada aki.
Jumper Aki |
Saat mesin telah hidup, kebutuhan arus listrik akan disuplai oleh altenator mesin.
Motor Mogok Karena Fuel Pump mati
Fuel pump atau pompa bensin hanya akan kita temui pada mesin yang berteknologi Efi. Fungsinya untuk menyuplai bahan bakar dari tanki ke saluran bensin dengan tekanan tertentu.
Pada sistem injeksi keberadaan fuel pump sangatlah vital. Karena bensin dapat keluar dari injektor apabila dalam kondisi bertekanan. Apabila fuel pump tidak beroperasi, tidak ada tekanan bahan bakar pada sistem injeksi. Hal itu menyebabkan bensin tidak keluar dari dalam injector.
Untuk mengecek fuelpump, anda cukup posisikan kunci kontak ke posisi ON. Apabila fuel pump beroperasi maka akan terdengar bunyi dengungan dari dalam tanki hingga beberapa detik.
Namun apabila bunyi itu tidak muncul maka bisa dipastikan fuel pump rusak. Kondisi ini biasanya juga diikuti dengan indikator check engine yang menyala. Untuk mengatasi hal ini anda perlu melakukan penggantian fuel pump.
Motor Mati Karena Busi
Busi menjadi komponen yang bertugas dalam proses penyalaan pembakaran mesin. Busi ini juga menjadi komponen vital karena berperan langsung dalam proses pembakaran mesin.
Baik motor karbu atau injeksi, masalah motor mogok yang diakibatkan oleh busi juga sering terjadi. Gejalanya motor biasanya akan brebet ketika RPM rendah lalu mesin tiba-tiba mati dan sulit dihidupkan lagi
Penyebab utama busi mati adalah karena adanya pembakaran yang kurang sempurna, timbunan deposit didalam ruang bakar, atau karena kesalahan pemilihan busi ketika mengganti busi sebelumnya.
Hal-hal tersebut bisa menjadi penyebab mengapa umur busi menjadi sangat singkat. Solusinya, jelas penggantian busi. Tapi sebelum kita mengganti busi dengan yang baru, kita harus benar-benar mengecek kondisi lain selain busi.
- Pastikan kondisi ruang bakar bersih dari deposit, untuk memastikannya anda bisa membersihkan ruang bakar menggunakan sprayer carbon cleaner.
- Pastikan check engine tidak menyala.
- Pastikan idle speed control juga bersih, anda bisa cek ISC didekat throtle body motor anda.
- Pastikan anda menggunakan busi dengan spesifikasi pas, yang terpenting busi sudah dilabeli Resistor (bisa label R atau U).
- Coba bersihkan dahulu busi lama motor anda, kalau tetap tidak menyala maka ganti dengan yang baru
Kerusakan Pada Salah Satu Sensor
Pada sistem Efi, juga menyertakan sensor yang berfungsi untuk mengecek keadaan pada area tertentu. Sensor ini akan mengirimkan data yang memuat aliran udara, dan suhu aliran udara intake.
Ketika ada kerusakan pada sensor maka akan berefek pada mesin yang hidup tidak sempurna hingga mati. Biasanya masalah ini diawali dari lampu Check engine yang menyala. Untuk mengetahui sensor mana yang mengalami kerusakan anda memerlukan scanner, atau membawanya ke bengkel resmi.
Motor Mati Terkena Air/Menerjang Banjir
Untuk penyebab kali ini, memang diakibatkan oleh pengguna itu sendiri. Air ini dapat masuk dari lubang saringan udara.
Meski posisi saringan udara umumnya terlindungi, namun apabila anda menerjang banjir dengan volume yang tinggi atau mencuci motor sembarangan maka air dapat dengan mudah masuk kedalam mesin.
Solusinya, anda perlu mengeringkan busi dan bagian dalam mesin. Caranya lepas busi motor anda, kemudian pastikan kunci kontak berada pada posisi OFF. Sla motor anda menggunakan kick starter hingga beberapa kali, langkah ini bertujuan untuk mengeringkan bagian dalam mesin. Terakhir pasang kembali busi dan nyalakan seperti biasa.
Tips Agar Motor Tidak Gampang Mogok
- Gunakan bensin beroktane tinggi, ini karena motor injeksi sangat sensitif terhadap bensin kualitas buruk.
- Selalu panaskan motor dipagi hari sebelum melaju, agar aki dapat terisi dengan penuh.
- Pastikan anda selalu service rutin, minimal 2 kali dalam setahun.
- Jangan mencuci motor sembarangan, agar air tidak masuk kedalam mesin.
Demikian artikel mengenai penyebab dan cara menghidupkan motor injeksi yang mogok. Semoga bisa menambah wawasan kita.
0 Response to "Cara Ampuh Menghidupkan Motor Injeksi Yang Mogok"
Post a Comment