Makan Ikan, Obat Awet Muda Alami




Penuaan adalah proses biologi yang kompleks yang terjadi secara alami dimana kulit mengalami penurunan dalam fungsi dan penampilannya karena faktor usia. Tanda-tanda penuaan antara lain meningkatnya kekasaran kulit, pembentukan kerutan-kerutan, kehilangan elastisitas, dan pembentukan pigmen. Penuaan merupakan akibat dari penurunan kemampuan tubuh untuk memproduksi sel-sel kulit yang baru. Hal ini terjadi karena tubuh kekurangan kolagen, dimana kolagen merupakan bahan baku utama untuk memproduksi sel-sel kulit. Seiring dengan meningkatnya usia, maka pembentukan kolagen secara alami oleh tubuh menjadi berkurang dan lambat, sehingga jumlah kolagen yang diperlukan untuk membentuk sel kulit baru menjadi kurang. Proses penuaan dapat dipengaruhi oleh faktor luar, seperti radiasi UV dari sinar matahari. Radiasi tersebut menyebabkan pembentukan radikal bebas yang membahayakan sel kulit. Hasil study ilmiah menyatakan bahwa sinar matahari dapat meningkatkan pembentukan enzim yang merusak kolagen dan dalam waktu yang sama jumlah gen pembentuk kolagen berkurang.

Oleh karena itu, kolagen merupakan faktor utama yang berperan dalam proses melawan penuaan. Dengan demikian, solusi untuk perawatan kulit dan mencegah penuaan dini adalah dengan mengkonsumsi nutrisi untuk biosintesa kolagen. Nutrisi tersebut adalah kolagen serbuk kolagen hidrolisat murni.yang merupakan 100% kolagen. Penuaan kulit pada dasarnya terbagi atas 2 proses besar, yaitu penuaan kronologi (chronological aging) dan 'photo aging'. Penuaan kronologi ditunjukkan dari adanya perubahan struktur, dan fungsi serta metabolik kulit seiring berlanjutnya usia. Proses ini termasuk, kulit menjadi kering dan tipis; munculnya kerutan halus, adanya pigmentasi kulit (age spot). Sedangkan proses 'photo aging' adalah proses yang menyangkut berkurangnya kolagen serta serat elastin kulit akibat dari paparan sinar UV matahari. Paparan sinar sinar UV yang berlebihan, dapat menyebabkan kerusakan kulit akibat munculnya enzim proteolisis dari radikal bebas yang terbentuk. Enzim ini selanjutnya memecahkan kolagen serta jaringan penghubung di bawah kulit dermis.

Sehingga dari pengetahuan kita mengenai fakta dan proses penuaan kulit yang merupakan penyebab penuaan dini, kita perlu melakukan tindakan yang tepat untuk menangani penuaan dini. Salah satu tindakan yang tepat untuk menangani penuaan dini adalah memakai produk antiaging yang tepat. Ser–C, serum vitamin C adalah produk perawatan kulit yang tepat, berguna memperlambat proses penuaan dini dan menyamarkan keriput (atau kerutan) kulit wajah.
◄◄◄ Fakta Ilmiah Tentang Kulit

  • Pada usia muda, kulit baru akan muncul ke lapisan epidermis setiap 28 – 30 hari. Dengan bertambahnya usia, proses regenerasi berkurang secara cepat. Dan setelah usia di atas 50 tahun prosesnya menjadi sekitar 37 hari.
  • Lapisan dermis kulit adalah lapisan kulit yang bertanggung jawab terhadap sifat elastisitas, dan kehalusan kulit. Berfungsi mensuplai makanan untuk lapisan epidermis, dan sebagai fondasi bagi kolagen serta serat elastin.
  • Vitamin C merangsang dan meningkatkan produksi kolagen kulit dengan cara meningkatkan kemampuan perkembangbiakan sel fibroblast tua dermis.
◄◄◄ Definisi Kolagen


Kolagen. Kulit adalah organ terbesar dan terluas pada tubuh manusia, yang berfungsi sebagi pelindung tubuh dari gangguan luar dan sebagai indra peraba. Kulit terdiri dari lapisan Epidermis, Dermis, dan Sub Cutis. Di bawah Sub Cutis adalah lapisan kolagen yang merupakan “the base of the skin”. Pada lapisan kolagen terdapat saluran menuju lapisan dermis. Saluran tersebut berfungsi sebagai pipa untuk mengalirkan kolagen ke lapisan dermis sebagai bahan baku pembentukan sel-sel kulit yang baru.
◄◄◄ Kandungan Ikan


Protein
Kandungan protein ikan lebih tinggi dari protein serealia dikacang-kacangan, setara dengan daging , sedikit dibawah telur. Protein ikan sangat mudah dicerna, sehingga baik bagi balita yang system pencernaannya belum sesempuna orang dewasa. Protein ikan mengandung berbagaui asam amino dalam bentuk yang mendekati asam amino didalam tubuh manusia. Komposisi asam amino protein ikanjuga lebih lengkap disbanding bahan makanan lain, salah satunya taurin, sangat bermanfaat merangsang pertumbuhan sel otak balita.

Lemak
Asam lemak ikan merupakan asa lemak essensial yang sifatnya tidak jenuh. Asam lemak tidak jenuh sangat bermanfaat sangat bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan tubuh dan menjaga kestabilan kadar kolesterol lagi. Beberapa ikan yang berasal dari laut dalam seperti salmon, tuna, sarden dan makarel, mengandung asam lemak yang tergabung dalam kelompok asam lemak omega 3. Yang paling dominan dari kelompok ini adalah asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA). Keduanya bermanfaat dalam menurunkan kolesterol dalam darah dan meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak sikecil

Vitamin

Vitamin A: banyak terdapat pada minyak hati ikan bermanfaat mencegah kebutaan pada anak. Vitamin D: selain terdapat dalam daging ikan, juga pada telur serta minyak hati ikan. Vitamin ini penting bagi pertumbuhan dan kekuatan tulang. Viatamin B6 : embantu metabolisme asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan syaraf. Vitamin B 12 bermanfaat dalam pembentukan sel-sel darah merah, membantu metabolisme lemak, dan melindungi jantung juga kerusakan syaraf

Mineral
Zat besi: jauh lebih mudah diserap tubuh ketimbang dari sumber lain seperti serealia atau kacang-kacangan. Zat besi membantu mencegah terjadinya anemia. Yodium: mencegah terjadinya penyakit gondok serat hambatan pertumbuhan anak, bahkan juga kecerdasannya. Selenium: berperan membantu metabolisme tubuh dan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas, antioksidan bisa mencegah terjadinya penyakit degeneratif seperti jantung koroner. Seng: membantu kerja enzim dan hormone. Fluor: menguatkan serta menyehatkan gigi skecil.
◄◄◄ Manfaat Ikan Bagi Manusia

  • Asma. Anak yang makan ikan berpotensi tidak terserang asma atau kambuh dari asma yang dideritanya untuk waktu yang lama.
  • Otak dan mata. Ikan kaya asam lemak omega 3 sehingga memberikan kontribusi bagi kesehatan jaringan otak dan retina (jaringan peka cahaya yang melapisi permukaan dalam mata).
  • Kanker. Asam lemak omega 3 pada ikan dapat mengurangi risiko berbagai jenis kanker 30 sampai 50%, terutama dari rongga mulut, kerongkongan, usus besar, payudara, indung telur dan prostat.
  • Penyakit kardiovaskular. Makan ikan setiap minggu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke akibat pembekuan darah dan mengurangi peradangan, meningkatkan elastisitas pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, menurunkan lemak darah dan meningkatkan kolesterol baik.
  • Demensia (pikun). Orang tua yang makan ikan tawar atau laut, setidaknya sekali seminggu memiliki risiko lebih rendah menderita demensia, termasuk penyakit alzheimer.
  • Depresi. Orang yang rutin makan ikan memiliki insiden depresi lebih rendah (depresi ini terkait dengan rendahnya tingkat asam lemak omega 3 di otak).
  • Diabetes. Ikan dapat membantu penderita diabetes mengelola kadar gula darah.
  • Penglihatan. Bayi dari ASI ibu yang makan ikan memiliki penglihatan yang lebih baik, mungkin karena asam lemak omega 3 ditransmisikan dalam ASI.
  • Kondisi inflamasi. Konsumsi ikan yang teratur dapat meringankan gejala rheumatoid arthritis, psoriasis dan penyakit autoimun. 10. Prematuritas. Makan ikan selama kehamilan dapat membantu mengurangi risiko melahirkan bayi prematur.

Kelebihan lain, ikan segar sangat kaya nutrisi. Karena rendah kalori, ikan juga cocok dikonsumsi Anda yang sedang ingin mengurangi lemak hewani dan diet menurunkan berat badan. Pola kebiasaan makan ikan seperti pada masyarakat Eskimo dan Jepang memberi petunjuk kuat atas sangat rendahnya kejadian penyakit jantung serta penyakit degeneratif lain pada masyarakat tersebut.

Semakin kita sehat maka semakin kita terhindar dari segala macam penyakit & akhirnya hidup kita menajdi lebih berkualitas semakin AWET MUDA



sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=12418164

0 Response to "Makan Ikan, Obat Awet Muda Alami "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel