Gejala Tak Biasa di Tubuh yang Tidak Boleh Diabaikan



Nyeri dada, tiba-tiba kehilangan penglihatan, dan nyeri perut parah dapat merupakan gejala yang tidak boleh diabaikan. Tanda dan gejala tersebut memerlukan perhatian medis segera. Beberapa tanda dan gejala yang dialami seringkali dapat menunjukkan penyakit serius.

Berikut 7 tanda dan gejala yang tidak boleh diabaikan seperti dikutip dari MayoClinic, Rabu (11/1/2012) antara lain:

1. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan mungkin dapat menandakan masalah kesehatan. Jika kehilangan hingga 10 persen dari berat badan selama 6 bulan terakhir, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, termasuk tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme), diabetes, depresi, penyakit hati, kanker, atau gangguan penyerapan nutrisi (gangguan malabsorpsi).

2. Demam tinggi atau berkepanjangan

Demam tampaknya memainkan peran kunci dalam memerangi infeksi. Jika menderita demam selama lebih dari tiga hari, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Demam persisten dapat merupakan sinyal infeksi tersembunyi, misalnya infeksi tuberkulosis saluran kemih. Dalam beberapa kasus, kondisi kanker, seperti limfoma dapat menyebabkan demam berkepanjangan.

3. Sesak napas

Penyebab sesak napas mungkin termasuk penyakit paru obstruktif kronik, bronkitis kronis, asma, pneumonia, bekuan darah di paru-paru (emboli paru), serta masalah jantung dan paru-paru lainnya.

Kesulitan bernapas juga dapat terjadi karena serangan panik, episode kecemasan intens yang dapat menyebabkan denyut jantung cepat, berkeringat, sesak napas, dan gejala fisik lainnya.

4. Perubahan kebiasaan buang air besar tidak dapat dijelaskan

Perubahan kebiasaan buang air besar dapat menandakan adanya infeksi bakteri, seperti campylobacter, salmonella, infeksi virus, atau parasit. Penyebab lain yang jarang terjadi termasuk sindrom iritasi usus besar dan kanker usus besar.

Konsultasikan dengan dokter jika melihat perubahan yang tidak biasa atau tidak dapat dijelaskan dalam kebiasaan buang air besar seperti tinja berdarah, hitam atau lengket, diare atau sembelit berkepanjangan, buang air besar mendesak yang tidak dapat dijelaskan.

5. Kebingungan atau perubahan kepribadian

Perubahan perilaku atau berpikir dapat disebabkan oleh banyak masalah, termasuk infeksi, anemia, gula darah rendah, dehidrasi, atau kondisi kesehatan mental. Kadang-kadang obat juga dapat berkontribusi terhadap perubahan kepribadian atau kebingungan.

Sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter jika memiliki gejala mendadak bingung, disorientasi waktu atau tempat, masalah dengan konsentrasi atau memori tiba-tiba, perubahan kepribadian atau perilaku seperti menjadi agresif.

6. Merasa kenyang meskipun baru makan sedikit

Jika secara konsisten merasa kenyang lebih cepat dari normal atau setelah makan dengan porsi lebih sedikit dari biasanya, maka sebaiknya segera beronsultasi dengan dokter. Rasa cepat kenyang juga dapat disertai mual, muntah, kembung, demam, dan penurunan berat badan.

Kemungkinan penyebab kenyang termasuk gastroesophageal reflux disease (GERD) dan irritable bowel syndrome. Dalam beberapa kasus, masalah yang lebih serius, seperti kanker pankreas juga dapat menjadi penyebab.

7. Kilatan cahaya atau gangguan penglihatan

Titik terang atau kilatan cahaya dan gangguan penglihatan lain kadang-kadang dapat menunjukkan migrain. Dalam kasus lain, sensasi lampu berkedip tiba-tiba dapat merupakan sinyal ablasi retina. Perawatan medis segera dapat membantu mencegah kehilangan penglihatan permanen.



sumber :http://livebeta.kaskus.co.id/thread/000000000000000012485738/gejala-tak-biasa-di-tubuh-yang-tidak-boleh-diabaikan

0 Response to "Gejala Tak Biasa di Tubuh yang Tidak Boleh Diabaikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel