Friday, September 7, 2012

[Tips] Agar Sholat Menjadi Khusyuk

Taukah agan? Hal yang pertama kali akan dihisab oleh Allah SWT di hari kiamat nanti adalah Sholat? Sebagian dari agan-agan pasti tau hal tersebut.
Jikalaupun agan belum tau, maka yakinilah hal tersebut. Karena inilah buktinya :


"Sesungguhnya pertama kali yang dihisab (ditanya dan diminta pertanggungjawaban) dari segenap amalan seorang hamba di hari kiamat kelak adalah shalatnya. Bila shalatnya baik maka beruntunglah ia dan bilamana shalatnya rusak, sungguh kerugian menimpanya. (HR. Tirmidzi)

Karena hal tersebut, maka sangat dianjurkan/diharuskan bagi kita untuk meningkatkan kualitas sholat kita dengan KHUSYUK. Lalu bagaimanakah caranya?


1. Memohon Perlindungan kepada Allah SWT dari Godaan Syetan
Spoiler for Nomer 1:
Membaca : TAUDZ (Audzubillah himinasy syaiton nirrojiim) + Basmalah

Aku berlindung kepada Allah dari godaan Syetan yang terkutuk


Mengapa begitu penting? Karena Khusyuk sangatlah dibenci oleh Syeitan. Maka ketika kita sholat seringlah otak kita diganggu olehnya. Beberapa hal yang akan terjadi ketika syetan telah mengganggu kita dalam sholat :

1. Ketika sholat kita bahakan memikirkan/menyusun program-program yang akan dilakukan setelah sholat

Contoh : Ketika sedang solat tiba-tiba memikirkan "ntar beres sholat buat thread apa yaa" atau "ntar gue mau ngerjain ini-itu dll"


Jangan salah gan, pak Ustadz juga malah lebih digoda lagi dengan pikiran-pikiran/masukan-masukan positif
Contoh : "ntar beres sholat mau ceramah atau dakwah ini-itu"
2.Dahsyatnya, agar manusia tidak boleh mendapatkan kekhusyuan, Syetan bela-belan mengingatkan kita tentang Barang yang telah hilang
Contoh : ente ilang kunci, ketika sholat tiba-tiba ente diingatkan bahwa kunci yang ilang berada di bawah lemari, sehingga pikiran buyar dan tidak terfokus lagi kepada Allah.
sebenernya itu gan, yang ngasih tau adalah Syetan..


3. Terkadang ketika Ruku atau Sujud, agan-agan meraskan kentut


Itu juga sebenernya perbuatan syetan gan, jadi ia berupaya agar ngebuat ente pikirannya batal dan menggangu sholat. Pada Intinya, selama gak ada suara tuuuuuuut dan bau telur busyuk yakinlah bahwa itu bukan kentut
4.Ketika Sholatpun kita suka lupa udah berapa rakaat ini


Untuk masalah no.1 ini kita sebagai manusia hanyalah bisa meminta perlindungan kepada Allah SWT




2. Berdoa kepada Allah agar sholatnya Khusuk
Spoiler for Nomer 2:
Untuk Poin yang Nomer 2 ini dilakukan setelah membaca Taudz


Contoh Doa : Niatkan dalam hati "Ya Allah saya berlindung kepadaMu dari ketidakhusyuan dalam sholat"


3. Buatlah Lingkungan Sholat Anda Nyaman
Spoiler for Nomer 3:
Dengan membuat lingkungan nyaman sesuai apa yang kita miliki, maka sholatpun akan terasa ringan dan tumaninah


1. Gunakan sejadah yang menurut ente nyaman (yang empuk)
2. Menggunakan pewangi ruangan
3. Membersihkan daerah yang menjadi tempat sholat (agan gak mau kan kalo sholat ngeliat (maaf)kotoran cicak didepan agan


4. Usahakan Menghadap Tabir/Dinding
Spoiler for Nomer 4:
Karena dengan menghadap dinding/tabir kita tidak akan melihat aktifitas orang lain, sehingga kita dapat fokus


Contoh : Kalo di mesjid ambil barisan depan yang menghadap ketembok, agan bedakan dengan solat di depan pintu (dimana orang lalu lalang)


5. Pakailah Baju yang Sesuai
Spoiler for Nomer 5:
Maksudnya sesuai adalah baju yang anda kenakan tidak memiliki gambar atau tulisan-tulisan yang menarik perhatian jamaah dibelakang anda


Contoh : Menggunakan Baju Koko

Hal ini akan meminimalisir jamaah yang ada dibelakangnya untuk meleng dan melihat baju jemaah depannya. karena faktanya gan, kalo kita sholat berjamaah dimesjid dan didepan ente ada orang mengenakan pakaian yang ada tulisan/gambar pasti kita akan melihat kesana dan konsentrasi akan hilang


6. Mengerti Arti Bacaan Sholat
Spoiler for Nomer 6:
Dengan mengerti bacaan sholat, agan pasti akan benar-benar khusyuk dalam sholat. Karena taukah agan? bahwa bacaan sholat, terkandung doa yang artinya SANGAT LUAR BIASA BAGUS yang dapat membuat kita menangis.


Memang berat menghafal seluruh arti bacaan sholat, tips dari ane hafalkan terlebih dahulu yang pendek pendek. Seperti :
1.Arti Surat Al-Fatihah
2.Bacaan Ruku, Sujud
3.Duduk diantara dua Sujud


7. Menganggap Sholat Yang Sedang Dilakukan adalah Sholat Terakhir
Spoiler for Nomer 7:
Yang Ini Favorit Ane Gan

Setiap manusia maupun jin tidak ada yang mengatahui secara pasti apa yang akan terjadi di masa yang akan datang termasuk hari kematian. Anggap saja kita akan meninggal dunia saat sholat berlangsung maupun setelah sholat. Orang mukmin yang tahu dia mau wafat maupun mau kiamat besar, maka orang itu akan segera meningkatkan ibadahnya serta menjalankan ibadah dengan sebaik-baiknya.

sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15654096

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites