Militer Rusia Difasilitasi Smartphone Tanpa Google

Sebelumnya Amerika telah membekali negaranya dengan smartphone Android, kini giliran Rusia membekali tentaranya dengan gadget yang serupa. Perangkat itu diperkenalkan di Berlin akhir Agustus lalu, dikembangkan oleh sebuah tim National Nuclear Research University di Moskow.

Seperti dikutip dari situs tekhnologi The Verge, Senin, 3 September 2012, tablet ini beroperasi dengan system operasi bertajuk RoMOS (Rusian Mobile Operating System). System operasi ini akan memiliki semua fungsi Android, namun tanpa fitur yang memungkinkan perangkat mengirim data ke Google, yang servernya terdapat di Amerika Serikat. Disebutkan bahwa pejabat tinggi Rusia menghawatirkan risiko kebocoran data-data sensitive yang tersimpan dalam server milik Google tersebut.

"Untuk alasan keamanan, kami juga tidak menyertakan Google Market dari perangkat ini," ujar Andrei Starikovsky, ilmuwan yang mempresentasikan produk ini di depan pemerintah Rusia. Sebagai gantinya, pengguna dapat mengunduh aplikasi dari marketkhusus RoMOS.

Akan terdapat dua model tablet RoMOS, yaitu tipe konsumen dan militer. Salah satu perbedaannya, untuk model militer akan dilengkapi dengan fitur anti-air dan tahan guncangan.

RoMOS akan dilempar ke pasar pada akhir tahun ini dengan harga 15 ribu rubles, atau sekitar Rp 4,4 juta. Meski begitu, Pusat Penelitian Sains sebagai pengembang produk ini menjelaskan bahwa klien utama mereka adalah pemerintah Rusia.



Sumber :http://www.desamodern.com/index.php/read/news/view/2992/Militer-Rusia-Difasilitasi-Smartphone-Tanpa-Google

0 Response to "Militer Rusia Difasilitasi Smartphone Tanpa Google"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel