Diundang Lewat Facebook Pengunjung Membludak : Ultah Remaja Belanda Berubah Jadi Kerusuhan


 Groningen – Polisi antihuru-hara diminta datang membubarkan pesta remaja yang undangannya diunggah di media sosial Facebook dan menebar virus pesta hingga menjangkiti 4.000 remaja yang berkerumun di kota tidur Haren, Belanda.

Tak urung polisi yang berupaya membubarkan pesta ini dilempari berbagai batu, botol, sepeda dan pot tanaman ketika mereka mencoba masuk ke rumah pesta gadis remaja di Haren, di utara kota Groningen, Jumat (20/9), seperti ditulis kantor berita Belanda Algemeen Nederlands Persbureau (ANP).

Polisi mencatat beberapa orang terluka, dua di antaranya luka berat.Empat orang ditangkap, dan bakal lebih banyak lagi setelah menganalisa rekaman video dan foto. Polisi mulai meningkatkan kewaspadaan ketika seorang siswi sekolah mengunggah pesan dan mengundang teman-temannya merayakan ulang tahunnya yang ke -16 di situs Facebook, namun ia alpa menyebutkan pesta ini hanya untuk kalangan teman-teman dekat.


Tak dinyana yang ingin menghadiri pesta ultah ini membludak hingga 20.000 orang remaja. Haren adalah sebuah kota kecil berpenduduk cuma 18.000 orang akan disesaki oleh 20.000 remaja?



Headline









Stasiun televisi publik Nederlandse Omroep Stichting (NOS) memperkirakan tak kurang dari 4.000 remaja datang ke pesta di Haren ini. Sejumlah mobil dan pintu rumah dirusak para remaja itu dan melempari polisi yang memblokir jalan dekat rumah siswi yang menggelar pesta.

Polisi antihuru-hara membubarkan kerumunan yang berupaya masuk ke jalan di pusat kota Haren. Sementara si gadis itu sendiri sudah minggat dari rumahnya sejak pagi.

“Gadis ini mengunggah undangan pesta ulang tahunnya di Facebook kepada teman-temanya. Kemudian para temannya itu mengirim undangan itu ke teman-teman mereka lagi dan sebentar saja menjadi badai api yang membara di Internet,” ujar wanita polisi Melanie Zwama, juru bicara kepolisian Groningen, seperti dituturkan kepada AFP Sabtu pagi.

Beberapa situs web memang sengaja dibikin khusus merujuk film remaja Amerika “Project X” tahun 2012 yang menceritakan sebuah pesta remaja di pinggiran kota yang didatangi ribuan remaja dan tak terkendali setelah undangan menyebar bak virus.

Apalagi di undangan ada catatan begini: “Bawalah teman-teman Anda dengan segala cara!”. Ya, kontan mbludak. Pesta mirip film “Project X” juga meletupkan kerusuhan di Jerman, Austria dan Amerika Serikat. Di AS para remaja merusak sebuah rumah tak berpenghuni di Texas dan meyebabkan kerugian alang kepalang: US $ 100.000. Astaga. [mdr]


sumber :http://web.inilah.com/read/detail/1907849/ultah-remaja-belanda-berubah-jadi-kerusuhan

0 Response to "Diundang Lewat Facebook Pengunjung Membludak : Ultah Remaja Belanda Berubah Jadi Kerusuhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel