Menjadi Ayah Dapat Mengubah Kebiasaan Buruk Pria


Bayi adalah anugerah Tuhan, sebab ia dapat mengubah pria berandalan menjadi ayah yang penuh kasih sayang. Tidak percaya? Penelitian membuktikan bahwa setelah seorang pria menjadi ayah untuk pertama kalinya, perilaku kriminalitas, kebiasaan merokok, dan konsumsi alkoholnya menurun drastis.

Para peneliti memantau lebih dari 200 anak laki-laki setiap tahun dari usia 12 sampai 31 tahun. Pengamatan dilakukan pada perilaku kriminalitas, kebiasaan merokok, minum akohol, dan pemakaian ganja yang berubah dari waktu ke waktu.
"Penurunan ini merupakan kecenderungan umum pada anak laki-laki terhadap jenis perilaku tertentu ketika memasuki usia dewasa. Menjadi ayah merupakan faktor independen dalam memprediksi penurunan kriminalitas, konsumsi alkohol dan rokok," kata David Kerr, asisten profesor psikologi di Oregon State University dan penulis utama penelitian.

Para peneliti juga menemukan bahwa pria yang menjadi ayah pada usia 20-an dan awal 30-an memperlihatkan penurunan perilaku kriminal dan minum alkohol yang lebih besar dibandingkan dengan yang memiliki anak pertama mereka di usia remaja atau awal 20-an. Pria yang memiliki anak pada waktu yang diharapkan lebih mampu menunjukkan sifat kebapakan dan membuang gaya hidup yang negatif.

"Pada pria yang lebih tua dan lebih muda, konsumsi rokok cenderung menurun setelah kelahiran anak pertama. Perubahan ini akan berakibat baik bagi kesehatan pria dan keluarganya," kata Kerr seperti dilansir ScienceDaily, Selasa (8/11/2011).

Penelitian yang diterbitkan dalam edisi terbaru Journal of Marriage and Family ini menunjukkan bahwa menjadi ayah nampaknya merupakan pengalaman penting yang mengubah perilaku dan gaya hidup pria, bahkan pada pria yang berisiko tinggi terlibat perilaku negatif.

Temuan ini memberi peluang untuk dimulainya terapi psikologis, sebab pria yang baru saja menjadi ayah mungkin sangat bersedia mendengar saran positif untuk mengubah perilaku buruknya.



sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=11384770

0 Response to "Menjadi Ayah Dapat Mengubah Kebiasaan Buruk Pria"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel